Teknik Simpel Untuk Melatih Konsentrasi Yang Cocok untuk Kalangan Pelajar, Karyawan dan Pemilik Bisnis

Sampai sekarang di era serba digital dan penuh kompetisi ini, sangat penting bagi kita untuk bisa konsentrasi memfokuskan pikiran akan suatu hal baik itu pekerjaan, tugas maupun strategi selanjutnya untuk inovasi bisnis.

Emang nya konsentrasi itu apasih ?

Konsentrasi itu sendiri adalah sebuah seni untuk mengelola pikiran agar bisa tetap fokus pada suatu hal penting dan menghindari berbagai hal yang tidak penting. Tentu saja manfaat nya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan manajemen waktu agar semua tugas ataupun pekerjaan bisa selesai dengan target yang kita tentukan.

Mungkin kamu punya berbagai metode tersendiri. Tapi untuk saya teknik ini cukup berhasil sejak kenal di Agustus 2019 kemarin.

Nama teknik nya Pomodoro.

Penemu teknik ini bernama Francesco Cirillo, dia menggunakan timer berbentuk tomat (Pomodoro) yang berada dari dapurnya untuk membantu nya fokus belajar.
Karena si Francesco ini awal-awal kuliah susah buat bisa fokus untuk belajar pada akhir tahun 1980.

Lalu Cara Pomodoro Ini Gimana ?

Teknik nya cukup mudah, cukup siapkan timer atau apa saja yang bisa menghitung waktu. Lalu selama 25 menit cukup fokus kerjakan apa yang ada di depan mata tanpa melihat timer itu. Setelah 25 menit berlalu, istirahat selama 5 menit saja lalu lanjut fokus selama 25 menit lagi, begitu seterusnya.

Tapi namanya manusia suka berinovasi dan berbuat hal baru. Saya menemukan kalau teknik ini tidak jauh berbeda dengan ibadah sholat wajib 5 waktu bagi pemeluk agama islam.

Perbedaan nya waktu untuk fokus nya lebih panjang, lalu pada waktu sholat itu saatnya melepas semua pikiran tadi ke satu fokus yang utama selama sekitar 15–20 menit beribadah. Setelah itu lanjut lagi ke fokus yang panjang.

Mungkin terlihat seperti cocokologi, tapi saat saya sadar akan hal ini, konsentrasi saya seperti lebih meningkat. Terutama saat bikin konten sosial media, nulis sesuatu atau bahkan saat baca data analytics FB Manager dan Google.

Nah, apakah teknik-teknik ini cocok untuk kamu terapkan pada bisnis/pekerjaan kamu ?
Jawaban nya YA, tentu saja. Selama kamu bisa benar-benar fokus dan terdistraksi oleh berbagai gangguan kecil seperti ngobrolin artis, bahas skor sepakbola, atau bahkan beberapa hal lain seperti cek pesan Whatsapp.

Yang jelas ini bisa jadi habbit yang baik. Baik untuk pelajar, karyawan maupun owner bisnis.
Bila sudah punya habbit yang baik, insyaa Allah segala tujuan bakal tercapai dan segala pekerjaan bisa terselesaikan

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *