Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi, Demi Tetap Berjalannya Bisnis

Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi, Demi Tetap Berjalannya Bisnis – Masa pandemi Corona sudah berlangsung selama satu tahun lebih. Selama itu pula, banyak penyesuaian yang harus dilakukan semua orang dari semua kalangan. Tidak terkecuali para pelaku bisnis yang juga terkena dampak langsung dari pandemi tersebut. Mereka termasuk yang harus mengalami banyak kesulitan akibat pandemi.

Para pelaku bisnis menghadapi masalah yang tidak sedikit karena penyesuaian di masa pandemi. Sudah tidak terhitung berapa banyak pekerja yang terpaksa harus dirumahkan demi menghindari penularan virus. Selain itu, menurunnya tingkat keuntungan juga menjadi penyebab para pelaku usaha memberhentikan pekerjanya. Dari keseluruhan, banyak bisnis yang telah dibangun dengan susah payah harus gulung tikar.

Sebenarnya kerugian bisnis akibat pandemi bisa diantisipasi. Memang butuh usaha lebih dan menuntut pengambilan keputusan yang cepat serta tepat. Sayangnya tidak semua pelaku bisnis dapat melakukan cara yang tepat untuk mempertahankan bisnisnya. Hal itu merupakan akibat dari minimnya pengetahuan tentang pentingnya digital marketing. Padahal strategi pemasaran digital menjadi salah satu langkah solutif dalam menghadapi pandemi.

Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing?

Digital marketing diartikan sebagai strategi pemasaran melalui platform digital. Seperti yang diketahui bahwa saat ini penggunaan internet sudah sangat meluas dan menjangkau hampir semua kalangan masyarakat. Semua orang bisa mendapatkan informasi apapun dari internet, termasuk informasi mengenai produk yang ingin dibeli. Dari fakta inilah, digital marketing menjadi strategi bisnis yang saat ini paling berpengaruh.

Di zaman sekarang, orang yang menginginkan suatu barang sangat tidak harus selalu mendatangi penjual secara langsung. Mereka bisa saja mencari informasi terlebih dahulu melalui internet sebelum memutuskan untuk membeli. Bahkan setelah terkumpul informasi, seseorang tidak bisa dipastikan akan datang ke penjual. Tak jarang dari mereka yang menyelesaikan transaksi lewat jalur online hingga mendapatkan barang yang diinginkan.

Pentingnya digital marketing sebenarnya bukan hanya saat pandemi. Strategi pemasaran secara modern itu juga bisa sangat membantu meski tidak ada wabah penyakit yang membatasi gerak manusia seperti sekarang ini. Pasalnya memang digital marketing sangat bisa diandalkan dalam memperluas pasar dan meraup keuntungan lebih banyak. Target yang menjadi sasaran strategi ini dinilai tepat dan terukur tanpa perlu mengorbankan banyak waktu, tenaga dan biaya.

Mengapa Digital Marketing Penting di Masa Pandemi?

Selama satu tahun belakang dan kemungkinan masih akan tetap berlangsung, kegiatan semua orang di luar rumah menjadi dibatasi. Perkumpulan banyak massa di suatu tempat menjadi suatu hal yang dilarang. Tentu saja larangan ini sangat berdampak pada bisnis yang memiliki bangunan fisik, seperti toko, swalayan hingga pasar. Akibatnya tempat-tempat tersebut menjadi sepi pembeli terlebih jika jam operasional juga dibatasi.

Karena menyesuaikan dengan larangan berada di luar rumah, banyak orang yang akhirnya memenuhi kebutuhan mereka secara online. Tren belanja online lantas semakin tinggi di masa pandemi ini. Orang yang terbiasa belanja online menjadi semakin gencar melakukannya. Sementara yang belum terbiasa, mau tidak mau harus membiasakan diri. Dari kondisi in sudah terlihat satu alasan pentingnya digital marketing selama masa pandemi.

Dengan memaksimalkan digital marketing, pandemi seharusnya tidak lagi menjadi penghalang besar berlangsungnya sebuah bisnis. Karena dengan strategi ini, langkah-langkah pemasaran dan pengenalan produk tidak akan berhenti. Produk berupa barang dan jasa tetap bisa dipromosikan kepada pelanggan dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang ada, seperti media sosial atau situs.

Masa pandemi juga membuat pelaku bisnis harus pintar-pintar dalam mengatur anggaran. Jika terlalu gegabah dalam memutuskan, bisnis lah yang akan hancur karena kekurangan modal. Sementara perputaran uang di masyarakat sangat lambat. Maka pelaku bisnis harus bisa mengatur keuangan bisnis, termasuk anggaran untuk promosi. Alasan ini juga menjadi sebab pentingnya digital marketing untuk mempertahankan bisnis di masa pandemi.

Digital marketing sebenarnya sudah sangat membantu para pelaku bisnis dalam menghemat anggaran promosi meski bukan di masa pandemi. Namun dengan melihat fakta yang disebutkan di atas, digital marketing akan membantu lebih banyak lagi untuk menekan biaya promosi. Karena digital marketing selama ini dikenal sebagai strategi bisnis yang efisien dan efektif. Dengan anggaran minim, promosi bisa dimaksimalkan asal tahu cara melakukannya.

Pembatasan aktivitas di ruang publik juga membuat banyak orang menghabiskan waktu lebih banyak di dalam rumah. Pastinya mereka juga memiliki lebih banyak waktu luang dibanding ketika masih bebas berkegiatan di luar rumah. Saat menghabiskan waktu di rumah itulah menjadi momen di mana seseorang akan lebih sering mengakses internet. Saat itulah menjadi momen pentingnya digital marketing untuk menjangkau pasar lebih luas.

Mengakses internet memang tidak selalu bertujuan ingin membeli barang secara online. Sesekali akses tersebut juga bisa bertujuan untuk mencari informasi. Namun dari aktivitas tersebut, sebuah bisnis memiliki peluang besar untuk memperkenalkan produknya. Misalnya dengan memasang iklan di media sosial atau Google. Orang yang mengakses media sosial atau melakukan pencarian di Google kemungkinan besar akan melihat iklan tersebut.

Bagaimana Strategi Digital Marketing yang Tepat saat Masa Pandemi?

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan digital marketing. Cara-cara ini sebenarnya juga sudah menjadi strategi digital marketing secara umum di luar masa pandemi. Namun mungkin saja banyak pelaku bisnis yang belum memahaminya karena selama ini masih menggunakan teknik pemasaran konvensional. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap dari masing-masing cara:

  • Media Sosial

Membuat konten promosi di media sosial merupakan cara paling mudah untuk melakukan digital marketing. Beberapa platform media sosial juga membuka kesempatan itu secara gratis. Namun jika ingin jangkauan promosi lebih luas dan terarah, tentu ada biayanya. Memahami pentingnya digital marketing juga harus disertai dengan pemahaman cara menggunakan media sosial dengan tepat.

  • SEO

SEO atau search engine optimization berarti memaksimalkan situs untuk memperkenalkan produk. Lakukan langkah-langkah khusus agar situs dapat dikenali Google dan direkomendasikan kepada pengguna. Maka akan semakin banyak orang yang mengunjungi situs tersebut dan melihat produk hingga melakukan transaksi. Strategi ini sangat berguna bagi pelaku bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas bahkan yang tidak bisa dijangkau dengan cara pemasaran konvensional.

  • Iklan PPC

Iklan PPC menjadi strategi selanjutnya untuk mengoptimalkan situs selain menggunakan teknik SEO. Situs yang menggunakan teknik ini akan muncul di halaman pencarian Google dengan kata “Ad” sebelum URL situs. Dengan teknik ini, pengguna internet akan lebih mudah menemukan situs sesuai dengan pencarian yang dilakukan. Karena ini merupakan iklan berbayar, maka sasarannya akan lebih tepat dan kemungkinan terjadinya transaksi juga lebih besar.

Baca juga : Pastikan Jasa Pembuatan Website Terpercaya Memiliki Ciri-ciri Berikut

Pentingnya digital marketing di masa pandemi ini merupakan hal yang sangat krusial untuk dipahami oleh semua pelaku bisnis. Sebab kondisi sekarang begitu mendukung teknik pemasaran secara digital dibandingkan cara lama. Jadi agar tidak tertinggal dari pesaing atau setidaknya bisa bertahan, maksimalkan digital marketing.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *