Mengetahui Cara Membuat Desain Menarik untuk Pemula

Tahukah kamu bahwa saat ini ada banyak sekali cara membuat desain menarik? Bahkan, untuk seorang pemula sekalipun tidak akan kesulitan saat membuatnya. Ini bisa memberi sebuah kabar gembira tentunya.
Seperti yang sudah diketahui, profesi sebagai seorang desainer grafis sangat dibutuhkan. Dunia digital membuat kebutuhan desainer semakin meningkat. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk menekuni pekerjaan tersebut.
Banyak orang yang sebenarnya awam terhadap dunia desain. Namun, melalui cara-cara di bawah ini, maka setiap orang bisa melakukannya. Penasaran? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu pakai.

Cara Membuat Desain Menarik Bagi Pemula

Bagaimana menarik perhatian orang lain dengan desain yang kamu buat? Ini mungkin jadi pertanyaan paling besar. Apalagi kamu adalah seorang yang baru belajar mengenai desain.

  • 1. Sering Melihat Desain Orang Lain
    Membuat sebuah desain tidak bisa dilakukan secara otodidak. Namun, kamu membutuhkan inspirasi sebagai bahan untuk membuat sebuah karya. Inspirasi ini bisa kamu dapatkan dengan cara melihat karya orang lain.
    Ada banyak platform yang bisa dipilih untuk melihat karya orang lain mulai dari Behance, Dribble, hingga Pinterest. Cobalah membuat akun terlebih dahulu dan cari sebanyak mungkin inspirasi dari orang lain.
    Gunakan inspirasi dan ide tersebut untuk memulai sebuah karya. Meskipun masih sederhana, setidaknya kamu sudah memulai membuat karya. Asah terus kemampuan ini sehingga mampu menghasilkan karya sendiri.
  • 2. Gunakan Metode ATM
    Cara membuat desain menarik selanjutnya adalah dengan menggunakan metode ATM. Amati tiru modifikasi adalah salah satu cara yang paling efektif. Bahkan, sering menghasilkan sebuah karya yang luar biasa.
    Misalnya, kamu telah menemukan sebuah inspirasi dari karya orang lain. Cobalah mengamati desain tersebut. Cari di mana kamu bisa melakukan modifikasi dari desain orang lain.
    Selama kamu memiliki modifikasi sendiri, maka itu adalah karya orisinil milikmu. Tidak perlu takut dan ragu mengenai hasil akhir. Kamu cukup membuat dan terus melatih kemampuan tersebut.
  • 3. Cermat dalam Memilih Kombinasi
    Cara membuat desain menarik lainnya adalah cermat dalam menggunakan elemen. Terkadang, banyak desainer pemula menempatkan banyak elemen sekaligus. Padahal hal ini tidak dianjurkan karena bisa merusak karya yang telah dibuat.
    Elemen seperti warna, bentuk, garis, hingga tipografi harus disesuaikan. Jangan pernah berpikir bahwa karya sederhana tidak akan menarik perhatian. Justru, karya seperti ini yang lebih mudah menarik perhatian.
    Itulah mengapa sangat penting sekali memperhatikan penggunaan elemen. Selama elemen tersebut memiliki kecocokan dan kesesuaian, maka hasilnya juga memuaskan. Inilah yang perlu kamu pelajari secara detail.
  • 4. Jangan Terlalu Banyak Menampilkan Elemen
    Seperti yang sudah kamu ketahui, terlalu banyak kombinasi justru akan menghancurkan karya. Maka, cara membuat desain menarik adalah memilah elemen mana yang akan dimasukkan dalam desain tersebut.
    Salah satu tips yang bisa kamu pakai adalah menggunakan maksimal 3 warna dominan. Selain itu, jangan gunakan elemen garis kecuali ingin membuat desain abstrak. Serta gunakan 1 font typografi saja.
  • 5. Kenali Karya Kamu Sendiri
    Cara membuat desain menarik terakhir adalah kenali karya milikmu sendiri. Setidaknya, pilih tema untuk setiap desain. Jadi, kamu bisa memberikan sebuah cerita pada desain yang telah dibuat sebelumnya.
    Hal tersebut juga akan memberikan ciri khas untukmu sebagai desainer pemula. Memiliki identitas sendiri sangat penting untuk dilakukan. Oleh sebab itulah kenali terlebih dahulu jenis karya yang akan kamu buat.
    Tidak sulit sebenarnya untuk membuat sebuah desain menarik. Namun, akan jauh lebih mudah jika memahami beberapa tips. Itulah mengapa cara membuat desain menarik perlu dipelajari secara bertahap, bukan?

Kalau kamu butuh desain logo dan ingin optimasi akun Instagram bisnis kamu ? Yuk ngobrol bareng kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *