Cara Menghindari Cyber Bullying di Sosial Media

Cara Menghindari Cyber Bullying di Sosial Media – Baik di dunia nyata ataupun sosial media, pasti Anda menemui yang namanya perundungan atau lebih dikenal sebagai “Bullying”. Karena perlakuan ini tidak terbatas tempat ataupun waktu.

Orang bisa membully orang lain kapan saja dan dimana saja. Baik di kehidupan nyata dan dunia maya. Pastinya berbeda cara dan juga bentuknya. Mungkin di dunia nyata orang yang membully langsung bertemu dengan yang dibully.

Dan bentuk bully-annya pun dapat berbeda. Di dunia nyata, orang bisa melakukan pembullyan secara verbal dan fisik. Namun di sosial media, orang tidak bisa bertemu atau bertatap muka langsung, jadi kemungkinan besar pembullyan dilakukan secara verbal.

Namun tetap saja, yang namanya bullying adalah perbuatan yang sangat tidak terpuji dan dapat merusak mental seseorang. Walaupun itu hanya sebatas verbal, namun mental akan tertekan dan bisa jadi orang yang terkena bullying tersebut depresi atau stress.

Dan itu akan membuat orang yang dibully merasa minder, depresi atau bahkan bisa lebih parah lagi yaitu melakukan aksi bunuh diri karena sudah tidak kuat lagi. Karena tidak sedikit kasus bunuh diri akibat pembullyan ini.

Jadi hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui dan diedukasikan kepada khalayak luas. Jika hal ini terus dibiarkan, maka generasi muda khususnya yang mendapati kasus pembullyan paling banyak akan hancur.

Karena pembullyan ini benar-benar merusak mental dan juga akan membuat depresi bagi korban. Oleh karena itu, masyarakat harus turut andil dalam mengatasi kasus bullying ini di lingkungan.

Mungkin di masa pandemi ini, kasus bullying secara langsung sedikit berkurang karena hampir setiap orang di dunia ini lebih banyak tinggal di rumah. Namun penggunaan internet meningkat tajam dibandingkan sebelum pandemi.

Namun ini yang semakin berbahaya, yaitu cyber bullying akan semakin meningkat dibandingkan sebelumnya. Dan mungkin ini terjadi hampir setiap waktu di sosial media atau internet.

Orang yang menyindir, menyerang secara langsung ataupun orang yang mengancam orang lain melalui perpesanan online. Inilah yang menjadi kekhawatiran sekarang, karena bullying jenis ini agak sulit dilacak.

Karena biasanya akun yang sering digunakan untuk membully orang lain adalah akun palsu alias fake account. Jadi jika Anda terkena bullyan seperti ini, Anda akan kesulitan melacak siapa pelakunya karena akun yang digunakan adalah akun palsu.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bullying semacam ini yaitu dengan cara:

  • Menghindari untuk mengomentari dengan kata-kata kasar dan tidak pantas.
  • Mereport akun yang membully atau mengancam Anda.
  • Jangan panik dan usahakan untuk menghadapinya dengan tenang.
  • Hubungi kerabat dan keluarga terdekat dan beritahukan bahwa Anda sedang terancam.
  • Hubungi pihak berwenang jika ancaman tersebut sudah sangat membahayakan Anda.

Cyber bullying ini sangatlah berbahaya, terlebih lagi jika pelaku sudah berani mengancam yang tidak-tidak. Anda bisa mendapatkan bantuan dari teman ataupun kerabat Anda yang paham dengan IT untuk melacak siapa pelakunya.

Selain itu, salah satu cara paling ampuh dalam menghadapai bullying jenis ini adalah dengan cara tetap tenang dan juga tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Jika Anda tenang maka jalan keluar akan dimudahkan dan dibukakan dengan lebar.

Baca juga : https://dotibnstudio.com/cara-live-streaming-permainan-di-youtube-android/

Nah mungkin itulah sedikit ringkasan tentang cyber bullying di sosial media. Semoga bermanfaat bagi Anda dapat dapat menambah wawasan baru bagi Anda.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *