5 Hal Penting Sebelum Mendesain untuk Sosial Media

Ada banyak sekali hal penting sebelum mendesain untuk kepentingan konten social media. Seperti yang sudah diketahui, ada banyak teknik dalam mendesain. Kegunaannya juga cukup berbeda untuk setiap desain.
Sebenarnya, membuat sebuah desain bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah desain tersebut menarik perhatian atau tidak. Jika tidak, apa yang harus dilakukan selanjutnya?
Itulah mengapa sebelum membuat sebuah desain maka perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan hasil akhir dengan kebutuhan sehingga diterima oleh audiens.

5 Hal Penting Sebelum Mendesain

Setidaknya, kamu tidak bisa membuat sebuah desain dengan sembarangan. Jika hanya seperti itu, maka apa yang kamu buat tidak akan bermakna. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • 1. Memilih Software
    Hal penting sebelum mendesain pertama adalah memilih software desain. Ya, setiap software desain memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Fitur yang disediakannya juga pastinya berbeda. Misalnya, Adobe Photoshop lebih banyak dipakai untuk mengedit sebuah gambar. Corel Draw lebih banyak dipakai untuk membuat desain vector kompleks. Serta Canva yang lebih banyak digunakan untuk desain instan. Setiap software jelas memiliki karakteristik serta spesifikasinya sendiri. Hal inilah yang perlu dipahami seseorang sebelum mendesain. Maka, kamu mau memilih software desain yang seperti apa?
  • 2. Pilih Tema
    Hal penting sebelum mendesain yang kedua adalah memilih tema. Setiap desain di platform apapun pasti memiliki tema. Setidaknya, hal ini akan membuat desain tersebut memiliki identitas serta “nyawa”. Ada banyak pilihan tema mulai dari flat art, duotone, austere romanticism, cyberpunk, vintage veporwave, hingga absurd art. Pilih salah satu tema untuk menentukan identitas dari apa yang kamu buat. Tema juga sangat membantu untuk mempermudah audiens memahami desain yang kamu buat. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga rasa ketertarikan dari setiap audiens di social media milikmu.
  • 3. Kombinasi Elemen
    Hal penting sebelum mendesain selanjutnya adalah mempelajari kombinasi antar elemen. Ada banyak elemen seperti garis, bidang, warna, hingga typografi. Semua itu adalah bagian dari sebuah komposisi mendesain karya. Desainer professional tentu memahami bahwa elemen memegang peran penting dalam sebuah gambar. Bahkan, dalam satu karya desain hanya terdiri dari satu jenis elemen saja, misalnya garis. Elemen tersebut sangat umum untuk membuat sebuah gambar absurd. Namun, karena letak dan pemilihan warnanya presisi, maka hasilnya sangat menarik. Kamu juga perlu mempertimbangkan hal tersebut.
  • 4. Pengaturan Warna
    Warna menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah gambar. Jika hanya menggunakan latar belakang hitam atau putih, maka gambar juga kurang menarik. Kecuali untuk beberapa jenis gambar saja. Hal penting sebelum mendesain ini perlu dipahami bahwa ada sebuah alat bantu bernama roda warna. Ada warna utama seperti merah, kuning, hijau dan biru yang nanti menciptakan warna lainnya. Biasanya, pemilihan warna juga menjadi sebuah masalah sendiri bagi beberapa desainer. Banyak gambar terlihat kurang menarik karena salah memilih warna. Jadi, apakah kamu sudah mulai memahami mengenai pemilihan warna?
  • 5. Pahami Kebutuhan Audiens
    Hal terakhir yang perlu kamu pahami adalah kebutuhan audiens. Dalam membangun sebuah social media lewat konten desain, maka memahami kebutuhan audiens adalah hal yang sangat penting. Jika sebagian besar audiens milikmu adalah kalangan anak muda, maka buat konten yang komunikatif. Buat sebuah konten desain dengan mengandalkan perpaduan antara typografi, shape, serta tone warna. Itulah mengapa konten di media social sering memiliki pola sendiri. Semuanya telah disesuaikan lewat beberapa cara. Apalagi beberapa hal penting sebelum mendesain ini perlu pahami secara menyeluruh.

Kalau kamu butuh desain logo dan ingin optimasi akun Instagram bisnis kamu ? Yuk ngobrol bareng kami

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *